Kamis, 11 November 2010

Monster-Monster Laut Dalam

1. Chimaera


Chimaera adalah hewan bertulang lunak dari ordo Chimaeriformes, yang disebut juga sebagai hiu hantu, ratfish, atau rabbitfish. Mereka mungkin merupakan "kelompok ikan yang tertua dan paling menyisakan tekateki hingga sekarang". Pada suatu waktu, sebuah kelompok yang "beraneka ragam dan melimpah-limpah" (berdasarkan penemuan fosil), mengalami masa evolusi sejak sekitar 400 juta tahun yang lalu dan telah terisolasi di laut yang dalam (sekitar 2.600 meter di bawah permukaan laut). Mereka adalah saudara dekat dari hiu.

2. Viperfish


Viperfish merupakan ikan laut dalam dari genus Chauliodus yang memiliki gigi panjang dan berbentuk seperti mie, dan cakar bawah yang berengsel. Mereka dapat tumbuh hingga sepanjang 30-60 cm. Viperfish hidup pada kedalaman 250-5000 kaki di bawah laut pada siang hari dan naik ke laut dangkal pada malam hari. Viperfish utamanya tinggal di perairan tropis. Mereka adalah salah satu predator terganas di bagian laut yang sangat dalam dan dipercaya bahwa mereka menyerang mangsanya dengan menarik perhatian sang mangsa dengan organ penghasil cahaya. Organ ini disebut Photophore dan berada di akhir dari tulang punggungnya (dorsal spine).

3. Pelican Eel


GURITA DIBAWAHNYA DITEMUKAN DI DALAM PERUTNYA
Belut pelikan, atau Eurypharynx pelecanoides, merupakan ikan laut dalam yang sangat jarang ditemukan oleh manusia, walaupun kadang2 ia terjerat oleh jaring nelayan. Ia berbentuk seperti belut, dan merupakan satu2nya anggota dari genus Europhetrix dan family Eurypharyngidae. Ia tergolong dalam ordo Saccopharyngiformes yang memiliki kekerabatan sangat dekat dengan belut di ordo Anguilliformes. Ia hidup pada kedalaman sekitar 900-8.000 meter dan dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter.

4. Dana Octopus Squid


Hewan ini memiliki nama latin Taningia danae, dan merupakan spesies gurita dari family Octopoteuthidae. Mereka merupakan salah satu dari spesies gurita terbesar yang telah diketahui. Tentakelnya memiliki panjang 1,7 meter dengan panjang total 2,3 meter. Spesimen terbesar yang diketahui, yaitu seekor betina dewasa, memiliki berat 61,4 kg.

5. Colossal Squid


Hewan ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis hamiltoni, yang berasal dari bahasa Yunani: mesos = middle, nychus = claw, dan teuthis = squid, dan terkadang disebut juga sebagai Antarctic/Giant Cranch Squid. Hewan ini dipercaya merupakan spesies gurita terbesar, dan merupakan satu2nya anggota dari genus Mesonychoteuthis. Walaupun hanya diketahui dari sedikit spesimen, perkiraan sementara menyimpulkan bahwa panjang spesies ini adalah sekitar 12-14 meter, dengan berdasar pada analisis dari spesimen yang lebih kecil dan belum dewasa. Hewan ini dinobatkan sebagai invertebrata terbesar di dunia.

6. Stargazer


Hewan ini merupakan anggota dari family Uranoscopidae, dan memiliki mata di bagian atas kepalanya (sesuai dengan namanya, Stargazer). Family ini memiliki sekitar 50 spesies yang terbagi dalam 8 genus. Hewan ini beracun; mereka memiliki 2 tulang beracun yang besar yang terletak di belakang opercle (artinya apa ya ini) dan sirip dada. Mereka dapat juga mengeluarkan sengatan listrik.

7. Grenadier (Rattail)


Hewan ini secara umum berukuran besar dan merupakan anggota dari family Macrouridae. Hewan ini dapat ditemukan di kedalaman samudera Arctic hingga Antartika. Rentang kedalaman habitatnya adalah 200-6.000 meter di bawah permukaan laut.

8. Oarfish


Hewan ini ditemukan di samudera tropis dan sekarang sudah jarang terlihat. Salah satu spesiesnya, The King of Herrings (Regalecus glesne), terdaftar dalam Guinness Book of Record sebagai ikan bertulang terpanjang yang masih hidup, dengan panjang hingga 11 meter.

9. Megamouth Shark


Hewan ini bernama latin Megachasma pelagios, dan merupakan spesies hiu laut dalam yang sangaat langka. Karena ditemukan pada tahun 1976, hanya beberapa ekor yang berhasil ditemukan dengan 44 spesimen yang telah ditangkap atau dilihat, dan 3 ekor terekam dalam film. Hewan ini memiliki
saringan makanan dan berenang dengan posisi mulutnya yang sangat besar itu terbuka, menyaring plankton dan ubur2. Ia dapat tumbuh sepanjang 5,5 meter. Hiu dewasa panjangnya 4 meter dan betina dewasa 5 meter. Beratnya dapat mencapai 1.215 kilogram. Wow.

10. Fangtooth/Ogrefish


Hewan ini berasal dari family Anoplogastridae. Ia dapat ditemukan hingga kedalaman 5.000 meter di bawah permukaan laut. Secara umum, mereka hidup di kedalaman 200-2.000 meter.

11. Sea Robins


Hewan ini hidup pada kedalaman hingga 200 meter. Sebagian besar spesies berukuran sekitar 30-40 cm. Mereka memiliki rangka solid yang tidak biasa dan banyak spesies juga memiliki sisik berarmor pada tubuhnya.

12. Firefly squid


Disebut juga sebagai The Sparkling Enope Squid (Watasenia scintillans). Mereka merupakan spesies gurita dari family Enoploteuthidae. Hewan ini merupakan satu2nya spesies dari genus Watasenia, dan ditemukan di Samudera Pasifik bagian barat pada kedalaman 600 hingga 1.200 kaki dan memiliki bioluminescence. Tiap tentakelnya memiliki sebuah organ yang disebut photophore, yang dapat memancarkan cahaya untuk menarik perhatian ikan2 kecil yang menjadi mangsanya.

13.Coffin Fish


Gua ga dapet banyak informasi tentang ikan ini. Keterangan yang gua dapet: Ikan ini termasuk family Chaunacidae, memiliki nama latin Chaunax endeavouri atau Chaunax fimbriatus. Mereka ditemukan di perairan kontinental landai di Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik, pada kedalaman hingga 2.000 meter. Spesimen terpanjangnya memiliki panjang 30 cm.

14.Dragonfish


[NO INFORMATION ABOUT DRAGONFISH]

15.Blue-ringed octopus


Hewan ini bergenus Hapalochlaena, dan terdapat 3 (atau 4) spesies yang hidup di Samudera Pasifik, dari sekitar Jepang sampai Australia. Walaupun ukurannya kecil dan jinak, mereka dikenal sebagai salah satu hewan paling beracun di dunia. Mereka dikenali dengan karakter ring2 biru dan hitam dan kulit yang berwarna kekuning2an.
Ada 4 spesies yang diketahui dari genus Hapalochlaena:
- Greater Blue-ringed Octopus (Hapalochlaena lunulata)
- Southern Blue-ringed Octopus atau Lesser Blue-ringed Octopus (Hapalochlaena maculosa)
- Blue-lined Octopus (Hapalochlaena fasciata)
- Hapalochlaena nierstraszi - ditemukan pada 1938 dari seekor spesimen tunggal dari Teluk Bengal; validitas taxonomi ini masih dipertanyakan.

16.Blobfish


Hewan ini bernama latin Psychrolutes marcidus, dan merupakan seekor ikan yang tinggal di laut dalam di perairan Australia dan Tasmania. Karena tidak adanya akses menuju habitatnya, hewan ini sangat jarang terlihat oleh manusia.


17. Sea Cucumber


Hewan ini berasal dari kelas Holothuroidea (wah gua apal nih dulu!) dan dari filum Echinodermata. Hewan ini ditemukan di dasar laut hampir di seluruh dunia, dan biasanya digunakan sebagai makanan manusia. Produk hasil panennya disebut sebagai timun laut atau teripang. Seperti semua echinodermata, timun laut memiliki endoskeleton di bawah kulitnya, struktur yang mengeras yang biasanya tereduksi ke ossicle mikroskopik yang terisolasi dan dihubungkan dengan jaringan penghubung.

18. Lizardfish


Lizardfish adalah sebuah family, Synodontidae. Mereka ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Lizardfish biasanya merupakan ikan kecil, dan yang terbesarnya berukuran panjang 60 cm. Mereka ditemukan pada kedalaman hingga 400 meter. Mereka menyukai lingkungan berpasir, dan biasanya memiliki warna kulit yang membantu mereka berkamuflase di lingkungan tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar